Berapa Lama Cabe Berbuah Sangat Lebat ?

Tanaman cabe dalam hidupnya selalu melewati tahap perawatan tanaman yang intensif. Perawatan tanaman cabe yang baik tentu saja akan memengaruhi dalam kesuburan tanaman itu sendiri, serta bagaimana tanaman mampu menghasilkan buahlebat  dalam jumlah banyak.

Perawatan tanaman cabe memang harus diterapkan secara telaten oleh petani untuk hasil lebih optimal dan menghasilkan buah cabe lebat serta mampu bersaing dengan harga di pasaran.

Banyak petani harus sangat sabar dalam merawat tanaman cabe, sehingga tak heran mereka akan mendapatkan hasil melimpah dari jerih payahnya.

Tanaman Cabe Tumbuh Subur
Tanaman Cabe Tumbuh Subur Karena Perawatan Tanaman yang Baik dan Benar, Photo by: Ichin Sembalun.

Terkadang ada petani cabe pemula bertanya-tanya tentang berapa lama pohon cabe dapat berbuah banyak?. Tentu saja hal ini merupakan pertanyaan umum dan sering didengar di kalangan para petani cabe di daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Tentang berapa lama tanaman cabe menghasilkan buah, tentu hal ini sangat berbeda-beda jawaban dari tiap-tiap petani, sebab bertanam cabe adalah sesuatu yang tidak pasti, artinya masing-masing dari mereka mempunyai pengalaman berbeda-beda. Faktor lain yang juga ikut menjawab adalah tentang jenis/varietas cabe yang mereka budidaya. Karena setiap jenis cabe pastinya mempunyai waktu panen berbeda-beda.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, jenis cabe semisal cabe rawit jengki akan mulai menghasilkan buah pada umur di atas 2,5 bulan dengan perawatan sangat intensif. Hal ini belum tentu sama dengan petani lainnya, mengingat masing-masing petani memiliki tingkat ketekunan berbeda-beda. Namun yakinlah apabila petani mampu tekun dan melaksanakan tanggungjawabnya dengan benar, maka hasil panen akan jauh lebih bagus dan buah cabe akan mampu dipanen dengan rentang waktu yang tidak lama. Semoga info di atas berguna untuk anda.

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *