Batas Umur Pohon Cabe Hingga Berhenti Berbuah

Tanaman cabe sudah barang tentu memiliki masa hidup. Jadi mulai dari masa semai biji cabe hingga menghasilkan tanaman dewasa yang banyak buahnya tentu melewati fase-fase kehidupan yang lebih kompleks.

Perkecambahan biji adalah tahap kritis pada tanaman, disebabkan pada masa ini tanaman sedang mempersiapkan diri sel-selnya untuk melakukan pembelahan secara meristematik, sehingga volume selnya ditambah untuk aktivitas pertumbuhan dan perkembangan tanaman selanjutnya.

Cabe Masa Produktif Mulai Tumbuh Dewasa

Cabe Masa Produktif Mulai Tumbuh Dewasa, Photo by: Wahid Priyono (tipspetanicabe.blogspot.co.id).

Setelah tanaman cabe dewasa serta menghasilkan buah, maka sudah saatnya juga tanaman harus menghabiskan waktu hidup dengan mengalami proses penuanan. Pada proses penuaan tanaman, maka tanaman biasanya memiliki akar yang kurang kokoh, batangnya rapuh, buah semakin sedikit, bahkan daunnya lama kelamaan akan rontok, karena usia tanaman yang sudah produktif lagi. Sama halnya manusia, yang diawali dengan masa embrionik di dalam rahim ibu, kemudian kembali menua dan mati, tumbuhan juga melewati masa-masa seperti ini.

Batasan umur untuk tanaman cabe sampai sudah tidak produktif sudah banyak diketahui oleh petani, dan umumnya rata-rata batas umur cabe yaitu maksimal 120 hari sejak tanam awal. Pada umur 120 hari biasanya tanaman cabe mudah mati, batang rapuh, bahkan tidak produktif lagi menghasilkan buah. Tapi pada kenyataannya di lapangan, petani sudah akan mencabut tanaman cabe jika tidak produktif kemudian diganti dengan jenis tanaman lain tiap kali masa tanamnya. Baca juga:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *