Batang Cabe Mudah Patah dan Rapuh; Begini Penyebab dan Solusi Penanganannya

Batang cabe mudah patah dan rapuh adalah hal umum yang dialami setiap pembudidaya cabe. Memang, jika batang tanaman cabe mudah patah tentu saja akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman secara keseluruhan. Banyak faktor yang mengiringi batang cabe patah dan rapuh. Misalnya saja batangnya patah karena dimakan oleh hama atau serangga seperti belalang. Selain itu, kerapuhan batang cabai juga ada kaitannya dengan kekurangan nutrisi/defisiensi hara, salah satunya adalah unsur Kalsium (Ca).

Unsur Kalsium adalah unsur yang sangat dibutuhkan tanaman untuk melakukan proses pertumbuhan. Pertumbuhan batang juga dipengaruhi oleh unsur Ca. Jika tanaman kekurangan unsur Ca maka batang mudah rapuh, patah, dan tidak kuat bertahan dalam kondisi lingkungan yang ekstrem. Kejadian ini juga umumnya akan diikuti dengan kematian permanen pada tanaman, bahkan pertumbuhannya tidak menutup kemungkinan akan kerdil, sulit tumbuh dan berkembang.

efek hujan asam
Tanaman Cabai dengan Batang yang Kokoh serta Daun dan Buanya Lebat (Tipspetani.com).

Pada masa pertumbuhan setelah benih berkecambah, maka akan muncul daun muda dan calon batang. Calon batang ini harus dirawat secara bagus dengan melalui perawatan dan pemberian nutrisi secara tepat. Rawannya organ tanaman pada masa-masa pertumbuhan harus menjadi perhatian banyak pihak, terutama petani. Misalnya, batang tanaman mudah patah dan rapuh itu terjadi saat tanaman masih berumur di bawah 20 hst. Sehingga pemberian pupuk organik dari kotoran ternak dengan cara dicampurkan pada tanah juga bisa menjadi langkah yang tepat.

Solusi terbaik untuk menangani batang tanaman cabe yang mudah patah dan rapuh yakni dengan menambahkan tanaman cabe dengan pupuk yang banyak mengandung unsur Kalsium (Ca), seperti pupuk kalsium yang banyak dijual di toko pertanian. Gunakan pupuk berbahan Kalsium secara bijak, dan sebaiknya dikombinasikan dengan jenis pupuk anorganik lainnya, seperti pupuk berbahan unsur N, P, K, dan Mg. Pupuk urea, Kcl, phonska, SP36 juga bisa menjadi tambahan agar organ tanaman cabe tumbuh dan berkembang dengan baik. Silakan pelajari juga tutorial pertanian berikut: Daun Cabe Mudah Rontok; Begini Penyebab dan Solusi Penanganannya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *