Apakah Pupuk Kotoran Ayam Baik Untuk Tanaman Budidaya?

Pupuk yaitu sumber nutrisi bagi tanaman yang budidaya. Apabila tanaman hortikultura diberikan pupuk, baik itu pupuk organik maupun pupuk anorganik, maka peluang tanaman untuk tumbuh subur akan semakin terlihat.

Pupuk terdiri atas dua macam, ada pupuk organik serta pupuk anorganik. Salah satu contoh dari pupuk organik yang paling sering dipakai petani yaitu pupuk kandang.

Pupuk kandang yaitu jenis pupuk yang bisa berasal dari sisa-sisa kotoran hewan ternak, sehingga pupuk ini memang sangat baik. Umumnya, pupuk ternak dikeringkan atau difermentasikan terlebih dahulu baru nanti kalau sudah matang baru tinggal dipakai.

kacang tunggak

Tanaman Kacang Tunggak Tumbuh Subur dan Sehat Sebab Pemupukan yang Tepat dan Terencana, Photo by: Wahid Priyono (tipspetani.com).

Berbicara tentang pupuk kotoran ternak dari tahi ayam yang telah dikeringkan memang sangat bagus untuk meningkatkan laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya.

Pupuk tahi kotoran ayam yang kering terkandung komposisi unsur hara penting dibutuhkan tanaman pangan, tanaman buah maupun sayur mayur, meliputi: Unsur hara Nitrogen (N), unsur Phosfot (P), serta unsur Kalium (K). Selain itu terdapat kandungan Calcium (Ca), Magnesium (Mg), serta Molibdenum yang penting juga dalam sistem imunitas kesehatan tanaman budidaya.

Mengapa anda harus pilih pupuk organik dari tahi ayam? sebab pupuk kotoran ternak tersebut paling sering dipakai oleh petani dan memang dari segi kualitas unsur hara terkandung paling kompleks dan mampu menekan tanaman untuk tumbuh lebih optimal.

Semoga informasi di atas berguna untuk anda, salam berkebun semoga lancar dan menguntungkan. Jangan lupa baca juga: Pemupukan Pertama Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *