Akibat Tanaman Kekurangan/Defisiensi Unsur Hara Makro dan Mikronutrien

Unsur hara memegang peranan utama yang membantu tanaman untuk tercukupi nutrisi hariannya. Unsur hara ini dapat diperoleh dari pemberian pupuk organis maupun anorganis pada tanaman. Pupuk kandang, kompos, pupuk dari sisa-sisa hewan/tumbuhan yang telah membusuk sangat bagus untuk tanaman. Selain itu, pupuk buatan pabrik seperti urea, kcl, npk, dll juga bisa membantu agar tumbuhan tumbuh baik.

Tumbuhan/tanaman budidaya membutuhkan unsur hara dalam jumlah sedikit (unsur hara mikro) dan juga dalam jumlah banyak (unsur hara makro). Unsur hara mikro contohnya adalah Zn, Fe, dan lain-lainnya. Sementara itu, unsur hara makro yang dibutuhkan tumbuh seperti Nitrogen (N), Phosfor (P), Kalium (K), dan Magnesium (Mg). Kekurangan/defisiensi unsur hara tersebut dapat menyebabkan gejala yang tidak umum pada tumbuhan.

Pertumbuhan Tanaman Bibit Semangka Sangat Baik
Pertumbuhan Tanaman Bibit Semangka Sangat Baik dengan Kebutuhan Unsur Hara yang Cukup. Photo Kontributor: Komunitas Petani Semangka.

Gejala yang tidak umum akibat tanaman kekurangan/defisiensi unsur hara misalnya adalah tanaman tumbuh kerdil, kurus, bentuk daun tidak optimal, pertumbuhan lambat, jumlah daun sedikit. Selain itu, kekurangan nutrisi hara (nutrea) juga berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara umum.

Sebagai contoh konkretnya adalah jika tanaman kekurangan/kekahatan unsur hara Nitrogen dan Zn, maka daun tanaman akan sangat rentan terserang gejala klorosis dan nekrosis yang ditandai dengan daunnya menguning, mudah rontok, dan kematian pada jaringan parenkim daun. Gejala klorosis dan nekrosis bisa berakibat fatal pada tanaman, sehingga pembentukan klorofil pada daun menjadi terhambat, serta fotosintesis tanaman terganggu.

Dan masih banyak lagi tentunya akibat yang ditimbulkan jika tanaman kekurangan unsur hara. Dan untuk membuat tanaman yang anda budidaya menjadi sehat, maka pemberian pupuk baik organis maupun anorganis itu adalah penting. Berikan pupuk sesuai dosis per umur tanaman. Pemberian pupuk dan unsur hara yang tepat tentu saja akan membantu meningkatkan hasil panen dan pertumbuhan tanaman yang berkualitas. Silakan baca juga: Mengenal Unsur Makronutrien dan Mikronutrien untuk Tumbuhan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *