Akibat Penggunaan Air Irigasi Berkualitas Rendah/Buruk

Berbagai macam permasalahan umum yang terjadi akibat penggunaan air berkualitas rendah/buruk dapat dijelaskan sebagai berikut:

Salinitas:

Masalah salinitas yang berkaitan dengan kualitas air terjadi jika jumlah total garam di air irigasi cukup tinggi sehingga garam terakumulasi di zona akar tanaman sejauh hasil panen terpengaruh. Jika kadar garam terlarut yang berlebihan menumpuk di zona akar, tanaman tersebut sulit mengekstraksi cukup air dari larutan tanah asin. Hal ini mengurangi air yang dibutuhkan tanaman dan biasanya menghasilkan pertumbuhan yang lambat atau berkurang.

tanaman lada perdu
Tanaman lada perdu tumbuh subur dengan kualitas air irigasi yang bagus (tipspetani.com)

Permeabilitas:

Masalah ini terjadi ketika laju infiltrasi air ke dan melalui tanah dikurangi oleh efek garam spesifik di dalam air sedemikian rupa sehingga tanaman tidak disediakan secara memadai dengan air dan hasilnya berkurang. Permeabilitas tanah yang buruk menyebabkan kesulitan seperti pengerasan persemaian, penebangan air, dan serangan penyakit, salinitas, gulma, oksigen dan masalah gizi/nutrisi pada tanaman itu sendiri.

Toksisitas:

Masalah toksisitas terjadi bila konstituen tertentu di dalam air diambil oleh tanaman dan terakumulasi dalam jumlah yang menghasilkan rendemen yang berkurang. Hal ini biasanya terkait dengan satu atau lebih ion spesifik di dalam air yaitu boron, klorida dan natrium.

Masalah yang muncul lainnya:

Berbagai masalah lain yang berkaitan dengan kualitas air irigasi terjadi dengan frekuensi yang cukup dan harus diperhatikan secara khusus. Ini termasuk pertumbuhan vegetatif yang berlebihan, penginapan dan kematangan tanaman yang tertunda dari nitrogen yang berlebihan dalam persediaan air, endapan putih pada buah atau daun karena irigasi sprinkler dengan air dan air yang mengandung karbonat tinggi dengan pH air irigasi yang tidak biasa. Silakan baca juga: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Frekuensi Irigasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *