Agar Daun CABE Tidak Keriting & Tidak Terserang Hama Maupun Penyakit

Seringkali daun cabe mengalami keriting dan ini merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak dikhawatirkan para petani. Karena bagaimanapun juga hama dan penyakit keriting pada tanaman cabe menjadi momok menakutkan sebab akan berimbas kepada hasil panen nantinya.

Hama serta penyakit merupakan salah satu bagian yang seringkali menyebabkan petani mengalami kerugian panen hingga 30 – 40%, dan tentu hal ini tidak boleh dibiarkan saja. Sehingga perawatan tanaman cabai menjadi hal terpenting yang tak boleh disepelekan.

Cara Agar Pertumbuhan Pohon Cabe Tumbuh Lurus dan Baik
Cara Agar Pertumbuhan Pohon Cabe Tumbuh Lurus dan Baik Tidak Keriting. Foto Oleh: Wahid Priyono (guruilmuan.blogspot.co.id)

Adapun penyebab daun cabe menjadi keriting bisa disebabkan oleh hama maupun penyakit. Penyebab cendawan parasit bisa menyebabkan daun cabe menjadi rusak, bahkan keriting dan lama-lama mengalami keguguran daun (absisi).

Selain itu, beberapa jenis hama yang bisa membuat daun cabe menjadi keriting yaitu hama thrips, tungau (mites), serta kutu daun (aphids). Ketiga jenis hama ini paling hobi membuat daun cabe menjadi rusak berlubang dan keriting.

Supaya tanaman cabe menjadi lebih sehat, terutama supaya daun cabe tidak keriting, maka langkah yang diperlukan untuk mencegah ketiga hama di atas (thrips, aphids, dan mites) adalah dengan melakukan cara berikut ini:

  • Menjaga kebersihan lahan tanam;
  • Tidak menanam pada bekas tanaman cabe;
  • Tidak menanam pada lahan yang berdekatan dengan tanaman cabai yang lebih tua;
  • Menjaga supaya tanaman tidak kering (jika menanam pada waktu musim kemarau);
  • Penyemprotan akarisida berbahan aktif abamectin, seperti celebtin, agrimec, bamex, dan demolish;
  • Tidak melakukan tumpang sari tanaman cabe dengan tanaman kacang panjang;
  • Tidak menanam cabe berdekatan dengan tanaman kacang panjang

Demikian artikel di atas tentang bagaimana agar daun cabe tidak keriting dan terbebas dari hama serta penyakit yang dapat merugikan tanaman cabe. Semoga bermanfaat. Silakan baca juga: Pengalaman Jualan Bibit Secara Online, Susah Juga Cari Pelanggan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *