6 Langkah Mencegah/Mengatasi Buah Cabe Busuk Dipohonnya

Buah cabe terkadang sering busuk di pohonnya. Hal ini tentu saja disebabkan oleh banyak faktor, sebagai contohnya serangan hama dan penyakit, curah hujan tinggi sehingga menyebabkan buahnya kelebihan air, atau karena pH tanah yang tidak stabil.

Mencegah tanaman cabe dari kebusukan memang sangat penting. Cara mencegah/mengatasi buah cabai busuk dari pohonnya memang tidak begitu mudah dilakukan oleh para petani, tapi setidaknya cara/tutorial yang akan saya berikan ini semoga bisa membantu anda.

Adapun langkah/cara untuk mencegah/mengatasi tanaman cabe yang buahnya busuk dapat ditempuh melalui langkah-langkah sebagai berikut:

  • Berikanlah tanaman cabe pupuk kandang sewaktu masih dalam tahap penanaman awal di lahan bedengan bermulsa;
  • Pupuk yang diberikan pada tanaman cabe sebaiknya jenis pupuk yang banyak mengandung Kalium (K) dan Kalsium (Ca), contohnya pupuk phonska cair, pupuk mutiara, urea, SP-36, KCL, dan TSP;
  • Alangkah baiknya saat tanaman cabe mulai berbunga berikan larutan phonska cair;
  • Basmi hama penggerek buah cabe dengan menggunakan pestisida hayati dan pestisida kimiawi sesuai dengan gejala yang timbul, pastikan juga sesuai dengan dosis yang disesuaikan;
  • Lakukan pendangiran dan penyiangan pada tanaman cabe. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar tanaman cabe lebih sehat dan subur, dan berdampak pada perkembangan buah yang lebih optimal;
  • Aturlah drainase tanah dengan memastikan bahwa lahan bedengan tidak tergenangi air terlalu banyak (jumlahnya harus diatur secara jelas). Kelebihan air pada tanaman cabe juga tidak baik sehingga buahnya juga tidak akan tumbuh secara optimal.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang 4 cara mencegah/mengatasi cabe yang busuk di pohonnya. Semoga bermanfaat untuk anda. Baca juga: 5 Teknik Perawatan Cabe, Panen 60 Kali Lipat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *