6 Keunggulan Pembuatan Bibit Cabai Steril Pro

Sebelum melakukan budidaya tanaman cabe, maka tahap pertama yang harus dipersiapkan adalah memilih jenis/varietas cabe yang hendak disemai. Dan tentunya dalam pemilihannya, harus memenuhi pedoman cara memilih bibit yang baik dan benar.

Di pasaran dan toko pertanian, sangat banyak sekali ragam bibit yang dijual, serta silakan anda memilih bibit cabe sesuai keinginan anda, dan pastikan juga bibit tersebut harus bibit unggul agar nantinya hasil panen lebih berkualitas, sehingga dari segi finansial akan diperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

Tanaman cabe subur dan sehat
Tanaman cabe subur dan sehat karena dirempel dan menggunakan teknik semai cabe steril pro.

Setelah bibit cabe diperoleh, maka langkah berikutnya yaitu melakukan penyemaian bibit pada media semai. Dan media semai yang akan saya jelaskan yaitu menyemai cabe dengan kain basah atau istilah lainnya adalah semai cabe steril pro. Cara penyemaian cabe steril pro ini sudah pernah saya praktekan, dan memang dari segi kualitas hasil semainya bagus dan bibit lebih cepat berkecambah.

Beberapa keunggulan pembuatan bibit cabai steril pro diantaranya adalah:

  • Dalam waktu 3-4 hari bibit sudah berkecambah;
  • Dihasilkan tanaman bibit yang tumbuh serentak, artinya tinggi dan porsi tanaman sama, massa selnya sama;
  • Tanaman bibit lebih sehat + tidak rentan terkena hama dan penyakit;
  • Biayanya murah, praktis, dan ekonomis;
  • Hanya dengan kain basah/lembab, bibit akan segera berkecambah 3-4 hari tergantung dengan ketekunan;
  • Tidak membutuhkan lahan semai tanah sehingga menghemat energi.

Dari beberapa keunggulan/keuntungan yang telah disebutkan di atas, tentunya anda sebagai seorang petani untuk segera mencoba teknik semai cabe steril pro yang memang di kalangan petani sangat terbukti ampuh dalam mempercepat waktu semai cabe. Untuk mencoba teknik steril pro, anda bisa membaca tutorial/panduan tentang: Cara Menyemai Cabe Steril Pro, Dihasilkan Tanaman Serentak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *