4 Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Lengkap

Fase pertumbuhan tanaman selalu diikuti dengan fase perkembangan. Fase pertumbuhan yaitu suatu fase penting sebab terjadi pembelahan sel-sel meristematik secara terus-menerus hingga mencapai tingkat kedewasaan.

Setiap tumbuhan pastilah mempunyai fase hidup, yakni mulai tanaman itu menghasilkan biji dan berkecambah sampai tanaman itu tua lalu mati. Fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman/tumbuhan ada 4 fase lengkap yakni fase embrionis/fase lembaga, fase juvenil/perkecambahan biji, fase produksi, dan fase penuaan (senil).

Berikut ini penjelasan tentang 4 fase-fase,langkah (tahapan) pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan secara terperinci:

1. Fase Embrionik

Pada fase embrionik ini terjadi sejak penyerbukan bunga yang mana adanya penggabungan inti sel ovum dan serbuk sari dan kemudian akan menghasilkan bakal buah serta bakal biji. Biji inilah yang merupakan alat perkembangbiakan secara generatif pada tanaman.

2. Fase Juvenil/Perkecambahan Biji

Ahli fisiologi tanaman menyebut fase juvenil ini sama halnya dengan fase perkecambahan biji merupakan fase dimana biji telah mengalami proses perkecambahan akibat masuknya air ke dalam sel-sel biji secara imbibisi. Pada masa perkecambahan biji ini akan muncul plumula yakni bagian organ tanaman yang siap tumbuh dan berkembang, yakni organ akar (radikula), daun, serta bagian ujung batang/tunas muda.

3. Fase Produksi Tanaman

Pada fase produksi ini artinya tumbuhan telah siap memiliki organ tanaman lengkap, terutama organ bunganya sudah mampu menghasilkan bakal buah. Buah yang sudah terbentuk merupakan bagian penting pada tumbuhan yang juga menghasilkan biji sebagai alat perkembangbiakan secara generatif.

Perkecambahan Biji Pada Semangka
Perkecambahan Biji Pada Semangka. Photo Kontributor by: Komunitas Petani Semangka.

4. Fase Penuaan (Senil)

Fase penuaan disebut juga fase senil. Pada fase ini tanaman sudah tidak mampu lagi menghasilkan organ tanaman baru, atau biasanya ditandai dengan buah yang semakin kecil, organ tanaman kurus dan berakhir pada kematian tanaman. Karena fase senil adalah fase puncak pertumbuhan tanaman, maka pada akhirnya tanaman akan mati dan digantikan dengan tanaman lainnya dari proses perkecambahan biji. Baca juga referensi berikut: Faktor Ekstern dan Internal Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *