3 Rahasia Cabe Rawit Berbuah Sangat Lebat Sekali

Dalam budidaya tanaman cabe rawit, memang jujur harus diakui bahwa perawatan tanaman cabe memang sangatlah kompleks, ini berlaku untuk semua jenis cabe yang dibudidaya.

Petani harus mengetahui rahasia mengapa tanaman cabe bisa berbuah lebat. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal berikut ini:

1. Perawatan tanaman cabe dilakukan secara benar

Perawatan tanaman cabe yang tidak boleh terlewatkan oleh petani adalah penyiraman, pendangiran, pemupukan, perempelan tunas tanaman cabe, penyiangan, dan pemberantasan hama dan penyakit.

2. Menggunakan Mulsa dan Tiang Ajir

Jangan menyepelekan mulsa dan tiang ajir. Saat membudidaya cabe, maka sebaiknya anda menggunakan mulsa dan tiang ajir agar nantinya hasil buah cabe lebat.

Mulsa berfungsi untuk menaungi bagian tanah agar tetap lembab, pH tetap stabil, suhu tanah normal, serta mencegah agar unsur hara tidak habis (mengalami erosi) saat terjadi hujan intensitas tinggi.

Cabe Rawit Jengki
Cabe Rawit Jengki Berbuah Lebat, Photo Original by: Wahid Priyono (Tipspetani.com)

Sementara itu, untuk tiang ajir/tongkat kayu yang biasanya terbuat dari bilah bambu sangat berfungsi agar tanaman cabe rawit tidak mudah koyak/rebah/roboh. Selain itu tiang ajir juga sebagai penahan tanaman agar semakin kokoh berada pada posisi tumbuhnya. Baca juga: Kegunaan Mulsa dan Tiang Ajir dalam Pertanian Cabe.

3. Gunakan Larutan Pupuk Phonska Cair

Di kalangan petani cabe, pupuk phonska cair sudah tidak asing lagi, sebab kemampuan pupuk ini dapat membuat tanaman cabe mampu memproduksi buah sangat lebat dan banyak, sehingga akan lebih menguntungkan secara finansial. Sebagai panduan cara membuatnya, anda bisa pelajari pada link tutorial berikut, klik: Cara Membuat Larutan Phonska Cair untuk Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat.

Semoga informasi di atas berguna untuk anda, selamat mempraktekan semoga berhasil. Salam berkebun cabe !

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *