3 Jenis Pupuk Cabe Rawit yang Bagus, Baik, Benar dan Berkualitas Tinggi, Disukai Petani

Pemupukan adalah proses perawatan tanaman yang dilakukan tujuan untuk menambahkan nutrisi bagi tanaman. Nutrisi ini bagus untuk membuat tanaman cabe tumbuh serta berkembang secara optimal. Banyak pupuk yang dipakai petani cabe untuk merawat tanamannya agar tetap sehat, subur serta tumbuh dan berkembang dengan baik, dan kali ini akan dijelaskan 3 jenis pupuk cabe rawit yang bagus, baik, bernar dan berkualitas tinggi, disukai petani.

1. Pupuk Kotoran Ternak/Pupuk Kandang (Pupuk Organik)

Pupuk kandang (pupuk organik) yaitu jenis pupuk yang bisa dicampurkan secara langsung dengan tanah pada saat pengolahan lahan bedengan. Pupuk kandang bagus untuk tanaman cabe seperti pupuk kotoran ayam, kotoran kambing, sapi, kerbau, pupuk itik, dan jenis pupuk lainnya.

Pupuk kandang bisa juga diberikan untuk tanaman cabe yang telah berumur di atas 1 bulan ke atas dengan pemberian sekitar 3 kali sampai nanti panen (setiap 2 minggu sekali dimulai sejak satu bulan pertama sejak tanam awal), pada saat perawatan tanaman lainnya seperti pendangiran, penyiangan, penyiraman, dan seterusnya.

Pohon Cabe Berbuah Lebat dengan Phonska Cair
Pohon Cabe Berbuah Lebat dengan Phonska Cair. Photo Kontributor by: Muslehudien/KPCI.

2. Pupuk NPK Mutiara Subsidi

Pupuk NPK mutiara banyak dijual di pasaran secara subsidi. NPK mutiara adalah jenis pupuk yang disukai petani karena dapat dipakai untuk membudidaya cabai, sebab banyak sekali keuntungan yang diperoleh seperti tanaman cabai semakin subur, dan bahkan bisa berbuah lebat. Kebanyakan para petani menggunakan pupuk NPK mutiara ini dalam bentuk padatan yang langsung disebar di sekitar pusat tanaman tumbuh, atau bisa dengan cara mengocor pupuk NPK mutiara.

Pupuk NPK mutiara bagus untuk semua varietas cabe termasuk cabe rawit, cabe merah, cabe besar dan lain sebagainya. Dan pemberian pupuk NPK mutiara ini bisa di umur cabe 1 minggu atau setelah umur cabe 1 bulan.

3. Pupuk NPK Phonska

Biasanya para petani cabe memberikan larutan pupuk phonska cair untuk tanaman cabenya agar tumbuh dan berkembang secara baik, berbuah lebat. Pupuk phonska ini sebaiknya diberikan pada saat tanaman cabai menginjak waktu pembungaan tanaman. Cara pembuatannya ikuti panduan/cara berikut ini: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabai.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *