1 Pohon Cabe Menghasilkan Berapa Banyak Buah?

Dalam menganalisis hasil budidaya cabe, maka modal sebelum dan setelah penanaman cabe memang harus dianalisis secara baik supaya mendapatkan gambaran untung atau ruginya.

Dalam budidaya cabe, seorang petani akan senang jika hasil panen cabe melimpah, buahnya banyak-lebat, serta mampu bersaing baik dengan harga di pasaran. Sehingga, faktor perawatan tanaman menjadi kunci penting untuk memperoleh hasil panen cabe lebih berkualitas.

Buah cabe dapat dipanen berkali-kali, disesuaikan dengan kebutuhan serta permintaan konsumen di pasaran. Buah cabe yang dipanen sebaiknya buah yang telah tua, serta sudah matang.

Dalam satu pohon cabe yang telah berbuah lebat, biasanya bisa menghasilkan buah hingga 7 – 11 kg/bahkan lebih selama 8 kali pemetikan buah. Namun, ini tidak mutlak, karena tergantung juga dari varietas yang anda tanam. Saya sendiri pernah membudidaya tanaman cabai rawit jengki dan dipanen dalam 8 kali panen, dan rata-rata 1 pohon cabe mampu menghasilkan buah sebanyak 7 – 8 kg.

Morfologi Tanaman Cabe
Morfologi Tanaman Cabe, Photo Ichin. Uploading: Wahid Priyono (Tipspetani.com).

Faktor yang paling memengaruhi besar-kecilnya panen cabe dalam jumlah melimpah yakni faktor perawatan tanaman. Terbukti bahwa jika tanaman cabe dirawat dalam porsi tepat, benar, serta mendapatkan nutrisi berupa pupuk dan penyiraman yang tepat, tanah yang mendukung, akan jauh lebih baik dalam hal produksi buah cabe lebih berlimpah ruah.

Semoga informasi di atas berguna untuk anda. Salam budidaya cabe, ayo menanam !!!

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *